Masalah HTML5 Manifest

Mungkin bagi web programmer/developer sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Manifest (atau Application Cache). Menurut wikipedia:

The cache manifest in HTML5 is a software storage feature which provides the ability to access a web application even without a network connection.
Kalo menurut saya sih, untuk simpan asset web yang kita punya (seperti css,js,img, dll), awalnya sih begitu. eh.., Ternyata juga menyimpan "tiap" laman web diberi manifest.

Misalnya:

saya punya web dengan URL berikut dan terdapat manifest-nya:
near.io/change-account/
laman ini berisi informasi user yang sedang login (otomatis kontennya akan dinamis). awalnya data yang ditampilkan oke2x saja. Lalu dia mengganti informasi profilnya, seperti email;nama;umur;dll.
Nah.., setelah dia menggantinya, ternyata datanya tidak berubah (tidakk!!), padahal di database ternyata data tersebut berubah...,

usut-punya-usut, ya itu tadi, bisa dibilang manifest juga menyimpan laman (HTMLnya) tersebut (dengan indikator URL laman tersebut tentunya).

Itu-tu.., yang bikin saya heran (sebenarnya juga "sedikit" syok) karena saya sendiri, waktu nyekrip (baca: menulis kode) manifest tersebut tidak mencantumkan URL laman tersebut, hanya URL aset2xnya saja (css,js,img,dll)..,

Yaudah.., kalau kaya gini larinya ke Gugel (baca: Google), mencari-dan-mencari..., akhirnya.., (lega). Ketemu deh. di Stackoverflow.

Yaitu dengan cara "curang" menggunakan iFrame yang memanggil laman yang diberi manifest (simple juga). Tamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata nala dalam bahasa indonesia

Tutorial susah instalasi GeoServer di Windows

Sesorah Perpisahan Siswa Kelas IX SMPN 1 Piyungan

Pertimbangan Tokoh Anime Untuk Ke Indonesia [Part II]

Bagian-bagian Browser