PHP: Cutter (Template Library)

Pengenalan

Cutter adalah library pemrograman PHP yang memudahkan untuk melakukan manipulasi templat dalam membuat website yg dinamis.

LatarBelakang

Alasan dibuatnya adalah untuk memudahkan dalam membuat tampilan website dinamis, yang dibatasi oleh proses include() laman yang direquest. Dan ya, saya terinspirasi oleh Blade milik Laravel. Berawal dari saya yang ikut serta dalam tim yang mengerjakan sebuah proyek instansi menggunakan fw Laravel, lalu saya di tarik untuk mengerjakan proyek lainnya yang menggunakan CodeIgniter.

Disitulah saya menemui kendala dalam mengerjakan CI untuk membuat website dengan style statis dan laman yang dinamis.Lalu saya membuat template library di CI dengan nama Cutter yang extend ke View di CI. Muncul lah ide untuk membuat standalone library nya. Akhirnya jadilah sebuah library yang saya namai Cutter (= kater, Blade = Pedang. Paham?).

Instalasi

Bagi kalian yang tertarik, bisa mendapatkannya di Packagist atau GitHub. Composer:
composer require anovsiradj/cutter
NB: Saya males untuk membuat versioning-nya, jadi langsung install dari dev-master.

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata nala dalam bahasa indonesia

Tutorial susah instalasi GeoServer di Windows

Sesorah Perpisahan Siswa Kelas IX SMPN 1 Piyungan

Pertimbangan Tokoh Anime Untuk Ke Indonesia [Part II]

Bagian-bagian Browser