Blogger Juga Bisa Corrupt

Semua berawal, saat saya mencoba mengintegrasikan banyak kometar pada blog ini. Defaultnya adalah Google Comment, lalu mecoba Facebook, berhasil. Tumbalnya akun FB saya terblokir dua-duanya (entah sampai kapan, saya diemin aja, dah males). yang terakhir Disqus. Nah, ini. Sumber masalahnya.
Awalnya saya kira, disqus hanya sekedar embed-an saja. ternyata malah override si google comment. Kecuali post yang sudah ada komentarnya. Susah jadinya. Setelah membuat website-channel, si disqus, kasih kita pilihan untuk pasang pluginnya. Yang 1 html (generate embed biasa). lalu yg kedua jadi plugin-langsung ke blogger (ini masalahnya). Untuk bisa jadi plugin, disqus sync dulu sama blogger kita (sumber masalahnya), yg membuat blogger akan otomatis ngilangin google comment (walaupun dalam pengaturannya sudah di-set tampil). prustasinya jadinya, muter2 disitu aja.

akhirnya saya dapet solusi untuk membetulkannya. yaitu dengan cara me-reset ulang layout-html pada templat. Jeng-jeng!, Kolom komentar google kembali. Akibatnya, templat (html-nya) akan kembali ke default. jadi (html-css-js)-nya yg sudah saya custom ilang. booooo!
Gapalah, yg penting google comment balik. Karena tujuan awalnya blog ini mau bisa banyak pilihan komentar akses dari vendor yg beda2. buat ngerayain ultah aja. hahahaha...,

Pustaka:
How to reset corrupted Blogger Blog Posts template.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kata nala dalam bahasa indonesia

Tutorial susah instalasi GeoServer di Windows

Sesorah Perpisahan Siswa Kelas IX SMPN 1 Piyungan

Pertimbangan Tokoh Anime Untuk Ke Indonesia [Part II]

Bagian-bagian Browser